Wisata Alam Puncak Tombo di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Jawa Tengah

Wisata alam Puncak Tombo, foto sumber facebok.com

Setelah kemarin kita membahas obyek wisata di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang yang ada sejak penulis masih ingusan, kini kita kasih ulasan lain dan masih berkisah soal tempat wisata yang ada di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Jawa Tengah. 

Seperti halnya wisata kolam renang Ecopark Bandar yang mengadopsi wisata alam dan buatan, salah satu wisata alam lain juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yakni wisata alam Puncak Tombo. Dengan view hamparan kebun teh serta udara sejuk, puncak Tombo menjadi pilihan berlibur yang menenangkan. 

Dulu, saat penulis masih remaja, kita sering ke Puncak Tombo jalan kaki bersama teman-teman. Saat itu belum dibangun tempat-tempat santai atau ikon buat foto-foto selfie, jadi masih full view alam. Masa itu kita sering menuju camp paling atas. Melihat view kanan-kiri, luar biasa indahnya. 

Berhubung lokasi puncak juga tidak begitu jauh dari kediaman penulis. Saat remaja jalan kaki menuju puncak menjadi hal yang sangat menyenangkan bersama teman. Butuh waktu satu jam jika jalan kaki. Jika menggunakan kendaraan paling hanya sekitar 15 menitan. 

Kini, setelah dibangun beberapa spot bersantai juga spot selfi di area bawah. kita tak lagi ke puncak bagian atas. Kita sudah cukup nyaman menikmati suasana di bawah. Untuk menuju puncak atas, memerlukan energi lebih. Kalaupun pakai kendaraan, belum tentu kendaraannya mampu menjangkau. 

Wisata alam puncak tombo, foto dokumen pribadi

Ada beberapa spot yang sudah dibangun di obyek wisata Puncak Tombo. Ada pemandian dengan kondisi air yang jernih dan dingin, di atas pemandian dibangun gazebo. Selain itu banyak juga spot selfie serta rumah pohon. 

Asiknya lagi, di puncak Tombo, suasananya tenang. Sebab di wisata ini lumayan jauh dari keramaian sehingga tidak ada kebisingan. Jaraknya sekitar 7km ke selatan dari pusat Pemerintahan Kecataman Bandar. Untuk tarif tiket masuk juga cukup murah, hanya setengah harga dari semangkok bakso. 

Jadi, jika Anda dan keluarga ingin berwisata dengan biaya cekak datang saja ke obyek wisata Puncak Tombo. Di sini, Anda bisa mandi gratis, parkir gratis. Tinggal bawa bekal makanan dari rumah saja (tetap jaga kebersihan ya). Sebab di wisata puncak Tombo tidak ada penjual makanan. Hanya ada satu rumah warga yang tinggal di sekitar area wisata berjualan makanan kecil untuk pengunjung. 

Meski di hari-hari biasa pengunjungnya tidak terlalu banyak. Namun untuk acara jalan-jalan keluarga Puncak Tombo patut dimasukkan dalam daftar list berlibur keluarga di akhir pekan. Meski banyak jalur menanjak, namun medan jalan yang dilalui tidaklah sulit. Tanjakan jalan juga masih berupa tanjakan biasa (bukan curam). Jalurnya sendiri kebanyakan jalur lurus, sehingga tidak membahayakan para pengunjung yang menempuh perjalanan jauh. 

Sekian dulu ulasan singkat menengenai obyek wisata Puncak Tombo yang berada di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Jawa Tengah. Wisata puncak dengan view kebun teh yang luas, sejuk dan menyenangkan.

Tunggu ulasan lain dari kami, tetap kunjungi halaman ini.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Unordered List

Ordered List

Theme Support